18 Januari, 2009

Fungsi dan Mekanisme Bio System Offline

Pada awalnya Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah menghendaki pendataan siswa peserta Ujian Nasional tiap sekolah dilakukan sendiri oleh masing-masing sekolah dengan secara online melakukan upload ke server Dinas Pendidikan Prov. Jateng dengan diberi user ID masing-masing sekolah, tapi mengingat tidak semua sekolah mampu untuk melakukan dan dikhawatirkan akan mengganggu proses pendataan (terutama tingkat Sekolah Dasar)
Pada akhirnya dibuatlah software yang Offline (Bio System Offline). Pada awalnya dibutuhkan export data dalam bentuk excel, tetapi pada perkembangannya akan kesulitan upload, maka dibuat kesepakatan export system dalam bentuk file buf/dbf. Pada Bio System Offline ini menghasilkan export data dalam bentuk file buf.
Setelah masing-masing sekolah menyerahkan file buf melalui email (SMP/MTs, SMA/MA/SMK) dan melalui CD (SD/MI), kemudian file tersebut setelah di Dinas Pendidikan Kab. Pati diopload/di import secara online ke server Dinas Pendidikan Provinsi Jateng oleh Operator Kabupaten. Sehingga upload tidak lagi dilakukan sekolah masing-masing. Jika masing-masing sekolah saat ini mencoba upload/import data secara online melalui internet, maka dipastikan tidak bisa, sekalipun dalam software bio system ada fasilitas import data online,karena mekanisme import data online harus login dulu ke server dinas pendidikan provinisi jateng, baru bisa dilakukan import data secara online. Demikian sekilas informasi tentang Bio System

ICT Center Kab. Pati/Agus Wiyono

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

4 komentar:

Mojo mengatakan...

Dari MTs. Islamiyah Mojo :
Mohon penjelasan mengenai pengisian kolom Alamat 1, alamat 2 dan Keterangan pada Bio System Offline. Ketiganya diisi apa ?
Terima kasih

Siti Amanah Alawy mengatakan...

Dari MI Nahrus Salamah Arumanis :
Kemarin waktu kami mau mengisi data, trnyata MI kami blm trdaftar/pnya kode sekolah,mngingat MI baru.stlah dkasih, kami mncoba utk mngisi, tp stlh kami tutup lalu kami buka kmbali kok data lgsg hlang lg y, apa mmg bgt?trs gimana cara lht hasilnya?bagaimana jg cara ngirimnya, kan sistem offline. terima kasih

Siti Amanah Alawy mengatakan...

dari mana/bagaimana cara melihat kode sekolah? mengingat kode sekolah kami baru dikasih tadi pagi, jadi pada CD yang dibagikan, blm tercantum kode sekolah kami. terima kasih

Anonim mengatakan...

MENGUTIP "mengingat tidak semua sekolah mampu untuk melakukan dan dikhawatirkan akan mengganggu proses pendataan"

kenapa ga ini saja yang diatasi.??

aplikasi2 pendataan selama ini ga pernah ada yg smart, kliatanya aplikasi, tapi kok pengerjaannya ribet kaya birokrasinya..
mohon aplikasi 2 pendataan dilengkapi dgn menu2 standart yg jelas..(undo-redo-export import yg jelas, enter sbg perintah 'yes') sehingga ga ber alur2..
saya paham komputer sudah lama, tp br kali ini ada komputerisasi tp malah ribet..

kelihatan lucu ketika pengerjaannya di komputer tapi caranya sangat manual. bahkan sangat manual.
mindset PNS/dinas/instansi negeri,, asal komputer pasti canggih.. tp ga paham azaz manfaat.
buat apa komputerisasi, ngisinya manual.. dianter ke UPT2, UPT ke dinas, dst...

Posting Komentar